Searching...
Thursday 24 March 2016

ponsel mati setiap keluar suara

kasus ponsel mati setiap keluar suara merupakan kasus langka dalam kerusakan ponsel namun sebagai seorang teknisi saya juga pernah mendapat kan kasus semacam ini,di mana ponsel kita tekan on hidup tapi menjelang ponsel mengeluarkan suara pembuka ponsel langsung mati.
dan hal yang menyebabkan ponsel menjadi mati saat keluar suara adalah sebagai berikut.
  1. konsleting buzer
  2. konsleting penguat suara
konsleting buzer

buzer yang merupakan komponen pengeluar suara loudspeker ini jika konslet bisa juga mematikan hp,hal ini pernah admin temui beberapa kali di mana dapat kasus saat ponsel di tekan ia mau hidup namun menjelang keluar suara pembuka maka ponsel langsung mati,karena natinya saat keluar suara ,maka insting saya mengatakan kemungkinan buzer penyebab nya ,dan saat komponen buzer atau kompone yang berfungsi sebagai louds speker ini saya lepas dari pcb ponsel nya ,lalu saya hidupkan ternyata ponsel langsung normal.maka segera saya ganti buzer nya dan masalah pun selesai.

konsleting penguat suara

asus semacam ini juga pernah admin dapat kan dengan indikasi yang timbul sama seperti kasus di atas,karena punya pengalaman sebagaimana di atas dengan percaya diri buzer segera saya lepas ,dan ponsel saya hidupkan ,namun ternyata masalah masih juga belum selesai,langkah selanjutnyasaya coba raba beberapa komponen yang terpasang secara paralel pada jalur buzer nya saat ponsel saya hidupkan namun tak ada yang panas,lalu saya coba raba pada bagian penguat audionya memang agak hangat,karena penesaran segera ic tersebut saya lepas dan coba saya hidupkan dan hasilnya ternyata ponsel lagsung normal,hanya saja waktu itu tak ada komponen pengganti ,selang beberapa waktu kemudian baru dapat kanibalanya dan segera ku copot penguat audionya tanpa ku cetak ulang kakinya ( karena tak punya plat bga nya ) hanya kurapikan tenol padakaki ic nya lalu ku pasang dan kasus pun langsung selesai,berdasarkan pengalaman tersebut akhirnya admin menyimpulkan bahwa kasus ponsel mati saat keluar suara di akibatkan karena dua hal tersebuy ,walaupun terkadang juga karena hanya software nya tentunya,salam.

0 komentar:

Post a Comment