Searching...
Tuesday 22 October 2013

memperbaiki tombol kypad hp macet

salam sobat lama ane tak posting maklum banyak kerjaan ,oke sobat kali ini ane mau membahas tentang cara mengatasi tombol kypad hp tak berfungsi,
pernah ndak bro  tiba 2 saja hp anda macet tombolnya atau saat ini anda sedang mengalaminya  , entah itu satu tombol
dua tombol
sebaris
 atau bahkan keseluruhan ( kypad hang )
 kalo memang anda sedang mengalami maka anda sedang beruntung karena kali ini ane mau membahas tentang tombol.
Tombol hp yang macet bisa terjadi karena macam macam sebab ,
bisa karena kotor
atau karena putus jalur
konsleting
atau progam hp yang eror
oke mari kita mulai bagaimana cara memperbaikinya.
1 .pertama cara memperbaiki tombol hp macet sebagian bisa satu atau dua atau tombol kadang bisa kadang tidak ,kalo kerusakan ini masih mudah penanganya bro anda pun pasti bisa walu anda bukan teknisi.
kerusakan semacam ini paling sering terjadi hanya karena lempengan tombol yang kotor
solusinya bersihkan lempengan bulatan  tombol dengan setip atau penghapus pensil
atau bisa juga dikerik dengan pisau atau amplas pelan 2 ya jangan grusa grusu misalnya yang macet nomor satu  maka buka kesing kalo ndak punya obeng  bisa pinjam ke konter lalu anda bersihkan lempengan bulat tombol nomersatu dan bila yg macet dua tombol anda ya harus membersih kan 2 lempengan bulat kaypad  , lihat gambar di bawah.

2 .macet satu baris
kalo satu baris biasanya ada jalur yg putus solusinya ya anda harus sambung kembali dengan kabel jumper, untuk hp nokia biasanya jalur kypad akan melewati sebuah ic emif atau ic kypad,maka saran saya ganti ic tersebut murah kok paling 5000 perak.
3.tombol macet semua
kerusakan semacam ini bisa di karenakan
A .ada tombol yg konslet entah karena tertekan terus menerus vkarena tertekan kesing atau kotor pada lempengan yg mengakibatkan lempengan - dan ples terhubung terus menerus lhat gambar

B .karna ic emif atau ic kazpad rusak solusinya ya di panasin dgn blow air atau kalo ndak bisa juga ya ganti.
C . karena progam hp eror solusinya di progam ulang atau flash.
D . cpu rusak kalo yg ini mending di pensiunkan aja tu hp bro berat di ongkos masalahnya.
sampai disini aja bro semoga bermanfaat.



3 komentar:

  1. saya juga sering mengalaminya mas, karena hp saya jadul, jadi saya berani untuk bongkar-bongkar sendiri :hehe

    kalau yang terakhir mending beli lagi mas, sekarang harga hp seperti harga kacang :)

    ReplyDelete
  2. he he benar kang ucup kalo dah masuk cpu amit 2

    ReplyDelete
  3. Kalo yang ga fungsi cuma
    satu tombol aja yaitu di nomer 3 gimana bang ? Apa masih bisa dibetulin nokia jadul saya

    ReplyDelete